Beranda blog

Baju Batik di Derap Langkah Bertabur Bunga Melati…

0
Sekolah Polisi Nasional
Tahyudin Ali dan Kepala SPN Kombes Pol Joko Surachmanto

JALURTUJUH.COM – “Pak ayo ikut saya, menyambut siswa.” Saya langsung mengikuti langkah Kapala Sekolah Polisi Negeri (SPN) Cisarua Polda Jabar, Kombes Pol Joko Surachmanto SH MH.

Dengan pakaian seragam kepolisan lengkap menggunakan topi warna merah, sabuk kopel dan tongkat komando, di belakang ada puluhan yang mengikuti langkahnya, kebanyakan berpangkat bunga melati dua dan ada beberapa yang mengenakan melati satu.

Saat Sang Kombes melangkah, gemuruh tepukan dan riuh kegembiraan sorak- sorai orangtua siswa kepolisian menyambut langkah-langkah yang tegap dan teratur. Itu tandanya mereka akan melihat anak- anak kesayangannya yang membanggakan dan baru saja usai mengikuti rangkaian kegiatan sebagai siswa baru di kepolisian dan ada jeda waktu untuk menengoknya, mesti hanya sebentar.

Tapi setidaknya mereka akan melepas rasa kangen setelah hampir tiga bulan lebih berpisah. Dari langkah- langkah tegap dan teratur itu, hanya saya yang mengenakan baju batik, yang lainnya dengan gagahnya mengenakan seragam lengkap, saya seperti terperangkap oleh sebuah kejadian yang istimewa di tengah langkah yang bertabur bunga melati.

Dari ribuan pasang mata yang menatap, biarkan saja mereka bertanya-tanya, untuk apa lelaki yang berbaju batik dan fostur badannya tak ideal itu berada di kerumunan baju berbunga melati?

Bahkan usai upacara penyambutan, saya bermaksud mendekati Kombes Joko, yang saat itu baru saja selesai menjadi inspektur upacara, yang berdiri tegak di atas podium kehormatan.

Namun saat jarak antara saya dan Kombes Joko kurang lebih tiga meter, ajudannya bertindak cekatan dengan sigap mengusir saya.

“Bapak menjauh, menjauh dulu, Pak, jangan mendekat,” pintanya dengan suara meninggi.

Dengan cepat pula saat itu saya membalikan badan setengah berlari, menjauh dan bergabung dengan kerumunan orangtua siswa baru Polri.

Namun hanya beberapa saat, si ajudan yang tadi mengusir saya kembali mengejar dengan menghampiri saya.

“Izin bapak tamunya Pak Kombes ya, mohon maaf Pak, beliau mencari-cari Bapak tadi, menanyakan ke saya, silakan kalau Bapak mau gabung,” kata ajudan sambil hormat lanjut dengan membungkukan badan.

Saat itu saya memilih tidak bergabung dengan Kombes Joko yang masih berada di lapangan. Saya memilih menunggu saja di ruangannya sambil menikmati kopi pahit khas Gunung Puntang, Ciwidey, Bandung.

Meski diperlakukan istimewa, yang jelas saya bukan siapa-siapa hanya kebaikan kepala SPN dalam memuliakan tamunya saja, karena bertepatan dengan padatnya waktu dan kesibukan beliau. (Penulis: Tahyudin Ali)

Bocoran Desain dan Spesifikasi OPPO Find N3 Flip

0
desain dan spesifikasi OPPO Find N3 Flip
OPPO Find N3 Flip

JALURTUJUH.com – OPPO Find N3 Flip belum resmi meluncur namun desainnya sudah bertebaran di internet.

Seorang pembocor dari Digital Chat Station yang muncul di Weibo dan media Pricebaba secara terpisah menyebarkan desain OPPO Find N3 Flip. Namun setelah menyebar, foto dari kedua sumber itu kemudian ditarik kembali.

Meski gambar desain kedua smartphone itu ditarik, kita masih bisa melihat jejak digitalnya melalui salinan Web Archive.

Desainnya masih berupa skematik tanpa warna mirip coretan. Namun nama OPPO sudah muncul di pungguh tengah bawah. Kemudian masih di punggung kiri atas terdapat lingkaran yang di dalamnya ada tiga lingkaran kecil. Kemungkinan lingkaran kecil itu desain untuk penempatan lensa kamera.

Sementara di bagian kanan terdapat persegi panjang vertikal yang belum bisa dipastikan itu untuk penempatan apa.

Bocoran desain yang lebih jelas disebarkan oleh Digital Chat Station di Weibo yang sama dengan sebelumnya, namun kali ini diberi warna hitam dan desain yang sudah hampir jadi. Ada tiga lensa kamera yang ditempatkan di wadah melingkar itu. Kemudian di bawahnya terdapat bulatan lampu flashlight.

Sementara itu, dikutip dari AndroidAuthority, ponsel lipat OPPO N3 Flip kemungkinan mengusung layar 6,8 inci dengan panel LTPO AMOLED dan refresh rate 120Hz. Sementara layar punggung luar untuk lipat memiliki panel 3 inci.

Ponsel ini disebut memiliki kamera utama 50MP dengan fitur OIS, kemudian sensor ultrawide 8MP dan telephoto 32MP. Untuk selfie, ponsel ini mengusung kamera 32MP. Ponsel ini mendukung pengisian daya cepat atau fast charging 67 watt. Sistem operasi yang berjalan kemungkinan Android 13 berbasis ColorOS 14.

Sejarah Panjang Hari Kucing Sedunia

0
Sejarah hari kucing sedunia
Kucing

JALURTUJUH.com – Sejarah Hari Kucing Sedunia, yang dirayakan pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya, adalah perayaan global yang menghormati dan memperingati kehadiran kucing dalam kehidupan manusia.

Kucing telah menjadi bagian integral dari budaya manusia selama ribuan tahun, dan Hari Kucing Sedunia adalah kesempatan bagi pecinta hewan di seluruh dunia untuk merayakan ikatan khusus mereka dengan makhluk menggemaskan ini.

Awal Mula Pemuliaan dan Mitos Kucing

Sejarah kucing dalam hubungannya dengan manusia dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno. Meskipun belum ada catatan tertulis yang menyebutkan perayaan khusus untuk kucing pada masa lalu, kucing telah hadir dalam berbagai mitologi dan kepercayaan masyarakat kuno.

Di Mesir Kuno, kucing dianggap sebagai makhluk yang sakral dan dilindungi oleh para dewa. Mereka bahkan dianggap sebagai pelindung rumah dari roh jahat. Kehadiran kucing dalam budaya Mesir Kuno tercermin dalam seni, lukisan, dan artefak yang ditemukan hingga saat ini.

Perjalanan Menuju Perayaan Global

Perkembangan lebih lanjut dalam sejarah kucing melibatkan perjalanan mereka ke berbagai belahan dunia. Kucing adalah sahabat para pelaut pada masa dahulu, membantu mengendalikan populasi tikus di kapal-kapal.

Mereka tersebar ke berbagai negara melalui perdagangan dan eksplorasi. Di beberapa budaya, kucing dianggap membawa keberuntungan dan rezeki, sementara di tempat lain, mereka memiliki asosiasi mistis dan magis.

Perubahan pandangan terhadap kucing juga dapat dilihat melalui pergeseran agama dan budaya. Di Abad Pertengahan, kucing dikaitkan dengan praktik-praktik penyihir dan sering kali dianggap sebagai makhluk jahat.

Namun, seiring waktu, pandangan ini berubah dan kucing kembali mendapatkan tempat di hati manusia sebagai hewan peliharaan yang penuh kasih sayang.

Munculnya Hari Kucing Sedunia

Hari Kucing Sedunia modern pertama kali dirayakan pada tahun 2002. Acara ini diusulkan oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) bersama dengan kelompok-kelompok konservasi dan perlindungan hewan lainnya.

Tujuan dari perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya melindungi dan menghormati kucing, serta menggalang dukungan untuk adopsi hewan peliharaan dan upaya perlindungan satwa liar.

Sejak itulah, Hari Kucing Sedunia telah tumbuh menjadi perayaan global yang dirayakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Pada hari ini, orang-orang berbagi foto-foto kucing mereka di media sosial, mengadakan acara amal untuk mendukung organisasi perlindungan hewan, dan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menunjukkan cinta mereka terhadap kucing.

Peran Modern Kucing dalam Budaya dan Masyarakat

Kucing telah menjadi bagian integral dari budaya populer modern. Mereka sering muncul dalam iklan, film, buku, dan meme di internet. Berkat popularitas platform media sosial, kucing telah menjadi bintang internet dengan jutaan pengikut yang mengagumi video lucu dan menggemaskan tentang mereka.

Selain itu, kucing juga memainkan peran penting dalam kehidupan manusia sebagai hewan peliharaan yang menyediakan kasih sayang, kenyamanan, dan kebahagiaan. Kucing dapat menjadi sahabat setia dan penyembuh emosional bagi pemilik mereka.

Kesimpulan: Memperingati Kucing dalam Sejarah dan Kehidupan Manusia

Hari Kucing Sedunia adalah refleksi dari hubungan yang luar biasa antara manusia dan kucing sepanjang sejarah. Dari mitologi kuno hingga peran modern mereka dalam budaya dan masyarakat, kucing telah menginspirasi dan menyenangkan banyak orang di seluruh dunia.

Perayaan ini memberikan kesempatan bagi kita semua untuk menghormati dan mengapresiasi kehadiran menggemaskan dan penuh kasih sayang dari makhluk kecil yang menemani kita sepanjang perjalanan hidup.

Udara Bumi Semakin Panas, Apa itu Emisi Gas Rumah Kaca?

0

Emisi gas rumah kaca adalah ketika gas-gas tertentu dilepaskan ke udara dan membuat bumi menjadi lebih hangat. Gas-gas ini seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), nitrous oksida (N2O), dan gas-gas lainnya. Gas-gas ini bisa menangkap panas dari matahari dan menyimpannya di atmosfer.

Emisi gas rumah kaca bisa terjadi secara alami ketika hewan bernapas atau material organik membusuk. Namun, kita juga ikut menyumbang emisi ini melalui aktivitas kita sehari-hari. Misalnya, ketika kita menggunakan bahan bakar seperti batu bara, minyak bumi, atau gas alam untuk menghasilkan listrik atau mengendarai mobil, itu mengeluarkan gas-gas ini ke udara.

Akibatnya, semakin banyak gas rumah kaca yang terjebak di atmosfer, semakin panas suhu bumi. Ini menyebabkan perubahan iklim, seperti cuaca yang lebih ekstrem, air laut yang naik, es di kutub yang mencair, dan ancaman bagi makhluk hidup lainnya.

Untuk melindungi bumi kita, penting bagi kita untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Caranya adalah dengan menggunakan energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan, seperti energi matahari dan angin. Cara lainnya adalah dengan menghemat energi dengan mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan. Juga, menanam lebih banyak pohon dan mengurangi pembakaran hutan juga dapat membantu mengurangi emisi ini.

Dengan mengurangi emisi gas rumah kaca, kita dapat menjaga bumi tetap sejuk, menjaga iklim yang stabil, dan melindungi makhluk hidup serta kehidupan kita sendiri.

Mengenal Gangguan Mental OCD

0

JALURTUJUH.com – Perhatikan gambar pintu di atas. Kamu merasa terganggu? Kamu gregetan pengen ngelurusin? Mungkin kamu memiliki gejala gangguan mental OCD?

OCD adalah singkatan dari Obsessive-Compulsive Disorder (Gangguan Obsesif-Kompulsif). OCD adalah salah satu jenis gangguan kejiwaan yang ditandai dengan adanya obsesi atau kompulsi yang mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Obsesi adalah pikiran, dorongan, atau gambaran yang berulang dan tidak diinginkan yang mengganggu pikiran dan emosi. Contohnya, obsesi ketakutan terhadap kontaminasi kotoran, kuman atau virus. Kebutuhan untuk menyusun barang-barang dalam urutan tertentu, dorongan untuk merapikan gambar atau.

Kompulsi adalah tindakan berulang yang dilakukan untuk meredakan kecemasan atau mengurangi ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh obsesi. Contohnya mencuci tangan berulang kali, memeriksa pintu berkali-kali, atau melakukan ritual tertentu sebelum melanjutkan tugas.

Orang dengan OCD sering kali merasa terjebak dalam siklus obsesi dan kompulsi yang sulit untuk diputuskan. Gangguan ini dapat mengganggu fungsi sehari-hari, hubungan sosial, dan kualitas hidup seseorang. Meskipun belum ada penyebab pasti untuk OCD, faktor genetik, perubahan kimia dalam otak, dan pengalaman hidup tertentu dapat berperan dalam perkembangan gangguan ini.

OCD adalah gangguan medis yang serius dan memerlukan perhatian ahli. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala yang mencurigakan, sangat disarankan untuk mencari bantuan dari dokter atau profesional kesehatan mental untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Cara Lapor Diri Peserta Lolos PPDB Jakarta 2023

0
Cara lapor diri PPDB Jakarta 2023.
Tangkap layar website PPDB Online Jakarta.

JALURTUJUH.com – Cara lapor diri atau daftar ulang calon siswa yang lolos pada Penerimaan Peserta Didik Baru Jakarta (PPDB Jakarta) bisa Anda simak di artikel berikut ini.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan DKI Jakarta sudah mengumumkan PPDB 2023 untuk jenjang SMA jalur Prestasi Akademik, Non Akademik dan jalur Penyandang Disabilitas pada Rabu (14/6/2023).

Para orangtua sudah bisa mendaftarkan anak-anaknya yang baru lulus dari SMP untuk mendaftar ke SMA negeri di Jakarta melalui PPDB online.

Bagi peserta yang lolos PPDB Jakarta 2023, selanjutnya diminta untuk mendaftar ulang. Dalam sistem PPDB, daftar ulang tersebut biasa disebut Lapor Diri.

Nah, untuk lapor diri ini ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Berikut penjelasannya.

Cara Lapor Diri PPDB Jakarta 2023

Bagi peserta yang lolos PPDB, Daftar Diri adalah sebuah kewajiban dan merupakan tahap akhir dari proses penerimaan siswa SMA/SMK di Jakarta.

Untuk melakukan Lapor Diri ini, calon siswa bisa melakukannya secara online. Tahapannya sebagai berikut:

1. Buka laman https://ppdb.jakarta.go.id sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

2. Kemudian login dengan cara memasukkan Nomor Peserta dan Password yang dibuat saat melakukan pendaftaran PPDB Online.

3. Selanjutnya cari tombol Lapor Diri, lalu klik.

4. Anda akan dibawa ke halaman ‘Mencetak Tanda Bukti Lapor Diri’

Bagi peserta yang sudah melakukan Lapor Diri, tidak bisa mengikuti proses PPDB jalur lainnya. Ini artinya bahwa dengan tahap akhir ini berarti siswa tersebut sudah fiks akan bersekolah di sekolah yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri melalui PPDB Online.

Sebaliknya, bagi peserta yang tidak melakukan Lapor Diri berarti dinyatakan gugur dan kuotanya akan dialihkan ke PPDB tahap kedua.

Kemudian bagi peserta yang sudah mendaftar ulang lalu mengundurkan diri, maka ia tidak bisa mengikuti proses PPDB jalur lain. Kuotanya kemudian akan dimasukkan ke PPDB tahap kedua.

Jadi peserta yang hendak mendaftar PPDB Jakarta 2023 diharapkan benar-benar memeprtimbangkan secara matang sekolah dan jalur PPDB yang hendak diambil. Jangan sampai setelah lolos, kemudian menyesal dan mengundurkan diri sehingga kesempatan bersekolah di SMA/SMK negeri menjadi kandas.

Jumlah Lansia Lebih Banyak, Apa Dampak Baby Bust dalam Jangka Panjang?

0

Baby bust adalah penurunan tingkat kelahiran secara drastis dalam suatu populasi. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan penurunan tajam tingkat kelahiran setelah periode yang relatif tinggi (baby boom).

Dalam jangka panjang, baby bust menyebabkan sejumlah persoalan.

Penuaan Populasi

Jumlah orang yang lebih tua melebihi jumlah orang yang lebih muda. Hal ini dapat menyebabkan perubahan struktur demografis. Akibatnya membebani sistem pensiun dan layanan kesehatan.

Penurunan Jumlah Angkatan Kerja

Generasi muda yang masuk ke dunia kerja berkurang. Akibatnya, sulit untuk mendapatkan tenaga kerja di berbagai sektor ekonomi, seperti industri, kesehatan, dan layanan. Penurunan jumlah angkatan kerja dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Beban Ekonomi pada Generasi Muda

Generasi muda menghadapi beban ekonomi yang lebih berat. Mereka menanggung biayai pensiun generasi sebelumnya. Di tengah itu mereka harus mengatasi tantangan ekonomi mereka sendiri.

Perubahan dalam Dinamika Keluarga

Struktur keluarga dan pola hubungan antargenerasi berubah. Dengan jumlah anak yang lebih sedikit, dinamika keluarga dapat berubah, termasuk perubahan peran dan tanggung jawab orang tua. Selain itu juga terjadi perubahan pola perawatan pada generasi yang lebih tua.

Sistem Pensiun

Jumlah penerima pensiun meningkat sementara jumlah pekerja yang membayar iuran pensiun menurun. Hal ini dapat mempengaruhi keberlanjutan sistem pensiun. Negara harus menyesuaikan kebijakan untuk mengatasi defisit keuangan yang mungkin timbul.

Jumlah Bayi Menurun, Apa Itu Baby Bust?

0
Diverse babies sitting on the floor

JALURTUJUH.com – Baby bust global sedang berlangsung. Tingkat kesuburan berkurang lebih cepat dari yang diharapkan

Apa itu baby bust?

Baby bust adalah penurunan tingkat kelahiran secara drastis dalam suatu populasi. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan penurunan tajam tingkat kelahiran setelah periode yang relatif tinggi (baby boom).Perubahan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan sosial, ekonomi, dan demografis.

Baby bust terjadi diantaranya karena perubahan peran perempuan dalam masyarakat, dan peningkatan dan kesadaran akan kontrasepsi dan keluarga berencana.

Baby bust juga terjadi karena peningkatan tingkat pendidikan dan jumlah perempuan yang bekerja serta mahalnya merawat dan mendidik anak turut.

Di masa depan, penurunan jumlah kelahiran menyebabkan masalah demografis seperti penuaan populasi, penurunan angkatan kerja, dan beban ekonomi yang lebih berat pada generasi yang lebih muda.

Namun, perubahan dalam tingkat kelahiran ini juga dapat memberikan peluang dan tantangan baru bagi masyarakat, termasuk perubahan dalam kebijakan publik, penyesuaian sistem pensiun, dan perubahan dalam dinamika keluarga dan hubungan antargenerasi.

Cara Cek Keaslian Oli

0

JALURTUJUH.com – Oli palsu dapat merusak mesin kendaraan secara permanen dan mengurangi umur pakai mesin . Oleh karena itu, penting bagi para pemilik kendaraan untuk dapat mengidentifikasi oli palsu agar dapat melindungi mesin kendaraan mereka.

Dengan mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk memeriksa oli, para pengguna kendaraan dapat menjaga performa mesin mereka, menghemat biaya perbaikan, dan meningkatkan masa pakai kendaraan mereka.

Tes untuk mendeteksi oli palsu bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Periksa kemasan oli dengan cermat.

Periksa segel keaslian, tanggal kedaluwarsa, nomor batch, dan informasi produsen. Pastikan tidak ada kerusakan atau tanda-tanda manipulasi pada kemasan.

Periksa Warna dan Konsistensi

Oli asli biasanya memiliki warna dan konsistensi yang khas. Jika oli terlihat terlalu keruh, berwarna aneh, atau memiliki partikel yang melayang di dalamnya, itu bisa menjadi tanda oli palsu.

Periksa Bau

Bau oli asli juga khas. Jika oli memiliki bau yang aneh atau tidak biasa, itu bisa menjadi tanda oli palsu.

Verifikasi Kode Identifikasi Produk

Beberapa produsen menyediakan kode identifikasi produk unik pada kemasan oli. Anda dapat memverifikasi kode ini melalui situs web produsen untuk memastikan keaslian oli.

Uji Viskositas

Viskositas adalah ukuran kekentalan oli. Anda dapat menggunakan alat pengukur viskositas atau meminta bantuan dari mekanik untuk memeriksa viskositas oli. Jika viskositasnya tidak sesuai dengan spesifikasi yang tercantum pada kemasan, itu bisa menjadi tanda oli palsu.

Uji Laboratorium:

Jika Anda memiliki keraguan serius tentang keaslian oli, Anda dapat mengirim sampel ke laboratorium yang terpercaya untuk diuji. Laboratorium akan melakukan analisis lebih lanjut untuk memeriksa komposisi kimia dan keaslian oli.

Selalu penting untuk membeli oli dari sumber resmi dan memeriksa kualitas serta keasliannya sebelum menggunakannya pada kendaraan Anda.

Berlajar dari Game Survival, Empat Anak Kolombia Bertahan Hidup selama 40 Hari di Hutan Kolombia

0

JALURTUJUH.com – Militer Kolombia mengungkapkan bahwa empat anak yang hilang di hutan Amazon selama 40 hari telah ditemukan dalam keadaan hidup.

Anak-anak tersebut adalah anggota suku Huitoto asli yang telah hilang sejak pesawat ringan yang mereka tumpangi jatuh di Amazon pada dini hari 1 Mei.

Tragedi itu menewaskan ibu mereka dan meninggalkan anak-anak yang berusia tiga belas tahun, sembilan tahun, empat tahun, dan satu tahun. Mereka terdampar sendirian di daerah yang dipenuhi oleh ular, jaguar, dan nyamuk.

Tim penyelamat mengkhawatirkan hal terburuk. Tetapi jejak kaki, buah liar yang sebagian dimakan, dan petunjuk lain memberi mereka harapan. Anak-anak mungkin masih hidup setelah mereka meninggalkan lokasi kecelakaan mencari pertolongan.

Selama enam minggu berikutnya, anak-anak itu berjuang melawan cuaca dan segala rintangan. Presiden Kolombia Gustavo Petro menyebut sebagai contoh total bertahan hidup yang akan bersejarah”.

Anak-anak keluarga Mucutuy dari Suku Huitoto belajar berburu, memancing, dan mengumpulkan makanan sejak usia dini. Kakek mereka, Fidencio Valencia, mengatakan anak tertua, Lesly dan Soleiny, sudah sangat akrab dengan hutan.

Bibi anak-anak tersebut, Damarys Mucutuy, mengatakan bahwa keluarga sering bermain survival game (permainan bertahan hidup)” bersama saat mereka masih kecil.

“Ketika kami bermain, kami mendirikan perkemahan kecil,” kenangnya. Lesly (13) “tahu buah-buahan mana yang tidak boleh dimakannya, karena ada banyak buah beracun di hutan. Dan dia tahu bagaimana merawat bayi.”

Setelah kecelakaan itu, Lesly membangun tempat perlindungan sementara dari cabang-cabang yang disatukan dengan ikatan rambutnya.

Dia juga mengambil kembali fariña, jenis tepung singkong, dari puing-puing pesawat Cessna 206 yang mereka tumpangi.

Anak-anak itu bertahan hidup dengan tepung sampai habis dan kemudian mereka makan bijinya, kata Edwin Paki, salah seorang tokoh adat yang ikut dalam upaya pencarian itu kepada wartawan.

“Ada buah, mirip dengan buah markisa, yang disebut avichure,” katanya. “Mereka
mencari biji untuk dimakan dari pohon avichure sekitar satu setengah kilometer dari lokasi kecelakaan pesawat.”

Buah dari pohon avichure, juga dikenal sebagai pohon susu, kaya akan gula dan bijinya dapat dikunyah seperti permen karet.

Henry Guerrero, salah satu orang asli yang merupakan bagian dari tim pencarian yang akhirnya menemukan anak-anak tersebut, mengatakan bahwa mereka juga telah makan buah dari pohon Bacaba yang dikenal secara lokal sebagai “milpesos”, yang kaya akan minyak dan memiliki rasa yang mirip dengan alpukat. Dia mengatakan salah satu anak kecil menyisakan biji dari pohon tersebut di mulutnya ketika mereka ditemukan.

Astrid Cáceres, kepala Institut Kesejahteraan Keluarga Kolombia, mereka bisa makan buah yang sedang berbunga.

Namun, mereka masih menghadapi tantangan besar untuk bertahan hidup di lingkungan yang tidak ramah tersebut.

Ahli pribumi Alex Rufino mengatakan bahwa anak-anak berada di “hutan yang sangat gelap, sangat lebat, di mana pohon-pohon terbesar di daerah itu berada”.

Dan meskipun ada daun yang dapat digunakan anak-anak untuk menyaring air, dia memperingatkan bahwa “ada yang beracun”.

“Ini adalah daerah yang belum dijelajahi. Kota-kota kecil berada di dekat sungai, bukan di hutan,” tambahnya.

Selain menghindari predator, anak-anak juga harus menghadapi hujan lebat dan mungkin harus menghindari kelompok bersenjata yang dikatakan aktif di hutan.

Namun, Mr. Rufino mencatat bahwa seorang anak berusia 13 tahun yang dibesarkan dalam komunitas pribumi sudah memiliki banyak keterampilan yang diperlukan untuk berhasil bertahan di lingkungan seperti itu.

John Moreno, pemimpin kelompok Guanano di Vaupés, di bagian tenggara Kolombia tempat anak-anak itu dibesarkan, mengatakan bahwa mereka telah “dibesarkan oleh nenek mereka”, seorang tetua pribumi yang sangat dihormati.

“Mereka menggunakan apa yang mereka pelajari di komunitas, mengandalkan pengetahuan nenek moyang mereka untuk bertahan hidup,” katanya

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

EDITOR PICKS