Beranda Kesehatan Mengenal Gangguan Mental OCD

Mengenal Gangguan Mental OCD

98
0

JALURTUJUH.com – Perhatikan gambar pintu di atas. Kamu merasa terganggu? Kamu gregetan pengen ngelurusin? Mungkin kamu memiliki gejala gangguan mental OCD?

OCD adalah singkatan dari Obsessive-Compulsive Disorder (Gangguan Obsesif-Kompulsif). OCD adalah salah satu jenis gangguan kejiwaan yang ditandai dengan adanya obsesi atau kompulsi yang mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Obsesi adalah pikiran, dorongan, atau gambaran yang berulang dan tidak diinginkan yang mengganggu pikiran dan emosi. Contohnya, obsesi ketakutan terhadap kontaminasi kotoran, kuman atau virus. Kebutuhan untuk menyusun barang-barang dalam urutan tertentu, dorongan untuk merapikan gambar atau.

Kompulsi adalah tindakan berulang yang dilakukan untuk meredakan kecemasan atau mengurangi ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh obsesi. Contohnya mencuci tangan berulang kali, memeriksa pintu berkali-kali, atau melakukan ritual tertentu sebelum melanjutkan tugas.

Orang dengan OCD sering kali merasa terjebak dalam siklus obsesi dan kompulsi yang sulit untuk diputuskan. Gangguan ini dapat mengganggu fungsi sehari-hari, hubungan sosial, dan kualitas hidup seseorang. Meskipun belum ada penyebab pasti untuk OCD, faktor genetik, perubahan kimia dalam otak, dan pengalaman hidup tertentu dapat berperan dalam perkembangan gangguan ini.

OCD adalah gangguan medis yang serius dan memerlukan perhatian ahli. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala yang mencurigakan, sangat disarankan untuk mencari bantuan dari dokter atau profesional kesehatan mental untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Artikulli paraprakCara Lapor Diri Peserta Lolos PPDB Jakarta 2023
Artikulli tjetërUdara Bumi Semakin Panas, Apa itu Emisi Gas Rumah Kaca?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini