Inilah Fakta-fakta Menarik tentang Istanbul, Turkiye

    74
    0
    Fakta menarik tentang Istanbul
    Basilika Cistern

    Istanbul adalah kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan keunikan di negara Turkiye. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Istanbul:

    1. Kota di Dua Benua

    Istanbul adalah satu-satunya kota di dunia yang terletak di dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Selat Bosporus membagi kota ini menjadi bagian Eropa di sebelah barat dan bagian Asia di sebelah timur.

    2. Kekaisaran Romawi Timur

    Istanbul (dahulu bernama Byzantium dan Konstantinopel) adalah ibu kota Kekaisaran Romawi Timur yang berdiri selama lebih dari 1.000 tahun. Pada tahun 330 M, Kaisar Romawi Konstantinus I mendirikan kota ini sebagai ibu kota baru untuk Kekaisaran Romawi Timur.

    3. Hagia Sophia

    Hagia Sophia adalah salah satu ikon kota Istanbul. Bangunan ini awalnya dibangun sebagai gereja pada abad ke-6, kemudian diubah menjadi masjid pada abad ke-15, dan sekarang menjadi museum. Hagia Sophia merupakan contoh arsitektur Byzantium yang luar biasa, dengan kubah besar dan mozaik indah.

    4. Terowongan Bawah Tanah

    Istanbul memiliki jaringan terowongan bawah tanah yang luas dan unik. Salah satunya adalah Basilika Cistern, cistern air bawah tanah kuno yang memiliki kolom-kolom indah dan menjadi tujuan wisata populer.

    5. Pasar Tradisional

    Istanbul terkenal dengan pasar-pasar tradisionalnya. Salah satu yang terkenal adalah Grand Bazaar, salah satu pasar tertutup terbesar di dunia. Pasar ini memiliki lebih dari 4.000 toko yang menjual berbagai macam barang, seperti perhiasan, keramik, tekstil, dan rempah-rempah.

    6. Jembatan Bosporus

    Istanbul memiliki beberapa jembatan yang menghubungkan kedua sisi Selat Bosporus. Jembatan Bosporus yang paling terkenal adalah Jembatan Kemerdekaan (Bosphorus Bridge) yang pertama kali dibuka pada tahun 1973. Jembatan ini menjadi simbol penting bagi kota ini.

    7. Aroma Makanan

    Istanbul adalah surga bagi para pecinta kuliner. Masakan Turki yang kaya dengan cita rasa, seperti kebab, baklava, mezze, dan Turkish delight, dapat ditemukan di berbagai restoran, kafe, dan pasar makanan di kota ini.

    8. Menara Galata

    Menara Galata adalah menara kuno yang menjadi landmark kota Istanbul. Menara ini dibangun pada abad ke-14 dan awalnya digunakan sebagai menara pengamatan. Saat ini, menara ini menawarkan pemandangan spektakuler kota Istanbul dari atas.

    Istanbul adalah kota yang memikat dengan perpaduan unik antara sejarah, budaya, dan lanskapnya yang menakjubkan. Fakta-fakta ini hanya sebagian kecil dari kekayaan yang dimiliki oleh kota yang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjungnya.

    Artikulli paraprakCara Instal WhatsApp di Jam Tangan Android
    Artikulli tjetërSpesifikasi Realme C55, HP Gahar Harga Cuma 2 Jutaan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini