4 Tempat Liburan Menarik di Pulau Bintan

wisata di pulau bintan

Berlibur ke pulau adalah pilihan alernatif di era pandemi. Selain bisa menghindari kerumunan, liburan ke tempat-tempat alami itu juga bisa menyegarkan pikiran sambil menikmati indahnya alam yang eksotis.

Salah satu tujuan liburan alami yang saat ini sedang ngetren adalah ke Pulau Bintan. Di pulau yang masuk Kota Tanjungpinang, Kepualan Riau, itu menyimpan banyak surga tersembunyi.

Berikut 4 tempat liburan menarik di Pulau Bintan yang pastinya akan membuat Anda ingin segera mengunjunginya.

1. Pantai Trikora

Kawasan ini berada di antara barisan pantai di Pulau Bintan. Pantai Trikora ini kawasan paling terkenal di antara deretan pulau tersebut. Bahkan destinasi wisata ini menjadi ikon wisata pantai terdepan dan banyak dikunjungi wisatawan.

Sejumlah daya tarik dari Pantai Trikora ini adalah bentangan pasir putih yang halus dan hiasan alam berupa hamparan bebatuan dengan berbagai bentuk dan rupa.

Pantai Trikora memiliki banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Fasilitas dimaksud di antaranya menyelam, berenang, memancing dan olahraga pantai lainnya.

Akses menuju Pantai Trikora tidak sulit. Dari Tanjung Pinang hanya memakan waktu sekitar 1 jam. Jarak dari ibu kota Kepulauan Riau itu sekitar 45 kilometer.

3. Pulau Penyengat

Pulau ini terbilang kecil, hanya memiliki luas 2.000 meter x 850 meter. Meski kecil, namun pulau ini menyimpan banyak daya tarik wisatawan, terutama untuk wisata sejarah. Beberapa di antaranya adalah Masjid Raya Sultan Riau, Istana Enhku Bilik, Balai Adat Melayu, makam para raja Kerajaan Johor-Riau-Lingga.

Bahkan di sana juga ada makam pahlawan nasional, yakni Raja Ali Haji yang berjasa dalam bidang bahasa. Raja Ali merupakan pencetus munculnya bahsa Melayu dan bahasa Indonesia.

Karena menyimpan banyak artefak sejarah, maka Pulau Penyengat ini dinyatakan sebagai Cagar Budaya Nasional.

Akses menuju ke Pulau Penyengat tidak sulit. Hanya membutuhkan waktu perjalanan 15 menit dari Kota Tanjung Pinang.

3. Lagoi Bay Bintan

Lagoy Bay Bintan memiliki luas 1.300 hektar dan merupakan jantungnya pulau Bintan. Kawasan ini memiliki sejumlah tempat hiburan, di antaranya Plaza Lagoi, Lagoi Beach, Lake Lagoi dan tempat menarik lainnya. Bahkan di sana juga terdapat tempat menarik lainnya seperti Lagoi Bay Lantern Park dan Rumah Imaji.

Anda juga bisa menikmati kuliner khas Lagoi Bay, mulai rendang sapi, goreng pisang keju hingga makanan laut (seafood). Ada pula makanan khas mancanegara yang akan menambah kenikmatan kuliner di sana.

4. Pulau Mapur

Bagi Anda yang suka menyelam atau diving, Pulau Mapur adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Sebab, pulau ini menyimpan surga laut. Banyak wisatawan asing yang sering menyelam di perairan sekitar pulau itu karena memiliki alam laut yang indah dan eskotis.

Pulau Mapur seluas 4.400 meter persegi dan hanya dihuni 267 kepala keluarga. Pulau ini merupakan dekat dengan perairan yang berbatasan langsung dengan laut Cina Selatan dan Malaysia.

You May Also Like

About the Author: jalurtujuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *