Gunung Putri Lembang, Destinasi Wisata Penuh Misteri

Berwisata ke tempat-tempat yang penuh misteri bakal menarik dan menantang. Di Indonesia sendiri banyak tempat wisata misteri yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Gunung Putri Lembang yang merupakan salah satu destinasi wisata khas di Bandung.

Gunung Putri Lembang berada tak jauh dari Lembang, Bandung. Selain udaranya dingin dan sejuk, lokasi itu menyuguhkan pemandangan yang indah nan elok. Akses menuju sana pun tidak susah karena dekat dengan pusat Kota Bandung.

Objek wisata misteri ini memiliki topografi berbukit dengan penuh tumbuhan rumput dan pohon kecil. Di tengah padang rumput itu berdiri sebuah tugu bernama Tugu Sespim.

Benteng bersejarah

Di lokasi itu juga terdapat benteng bersejarah yang berada di sebelah barah Tugu Sespim. Benteng itu merupakan peninggalan penjajah Belanda dan masuk kawasan Desa Jayagiri.

Dikutip Liputan6.com, Benteng Gunung Putri dulu berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk memantau pasukan musuh. Hal itu terlihat dari konstruksi bangunan yang memiliki lubang pantau dan jalur-jalur kecil sebagai jalan keluar dari persembunyian.

Untuk memasuki benteng tersebut, kita harus melewati sebuah gapura yang tepat berada di depannya. Gapura itu berbentuk gerbang melengkung. Di sisi kanan dan kiri terdapat sebuah tangga.

Setelah melewati gerbang itu, kita akan melihat blok utama berupa bangunan dengan dua lubang angin di depan dan dua pintu masuk. Kondisi bangunan itu kurang terawat dan tampak penuh ilalang.

Ada sebuah ruang di dalam bangunan itu yang disekat dan memiliki luas 3×4 meter. Dindinya terbuat dari beton bertulang dan semen setebal 1 meter. Beberapa bagian beton sudah terkelupas karena usia, ditambah beberapa coertan tangan-tangan jahil.

Di dalam bangunan benteng itu juga terdapat sebuah tugu perjuangan bernama “Tradisi Belanegara”. Di tugu itu terdapat tulisan peresmian pada 11 September 2015.

Misteri Gunung Putri Lembang

Selain memiliki alam yang indah dan eksotis, Gunung Putri Lembang juga memiliki kisah misteri. Kisah itu tidak lepas dari cerita-cerita munculnya Gunung Tangkuban Parahau yang lokasinya berada di sekitar Gunung Putri Lembang.

Diceritakan bahwa Gunung Putri Lembang adalah tempat pelarian dan persembunyian Dayang Sumbi ketika dikejar anaknya sendiri, Sangkuriang.

Sangkuring ingin menikah dengan Dayang Sumbi. Namun Dayang Sumbi menolaknya karena ia adalah ibu Sangkuriang sendiri. Akan tetapi Sangkuriang tidak mengetahui hal itu.

Untuk mencega perniakahan terlarang itu terjadi, maka Dayang Sumbi pun kabur dan bersembunyi di Gunung Putri Lembang.

Jalan menuju Gunung Putri Lembang

Untuk menuju Gunung Putri Lambang jalurnya agak berliku-liku dan kondisi jalanya jelek.

Pertama dari ledengan naik angkot ST Hall-Lembang dan turun di Jalan Jayagiri

Lalu jalan kaki menuju gerbang Jayagiri. Di gerbang itu, bayar tiket Rp 5.000 per orang.

Selanjutnya, masuk hutan dan menanjak sampai menemukan jalan koral. Lalu belok kanan terus sampai menemukan pertigaan.
Kemudian belok ke kanan sampai menemukan jalur menuju Gunung Putri Lembang. Nanti akan menemukan kembali pertigaan dan ambil jalur kanan berupa jalan tanah.

Kemudian di sebelah kiri akan menemukan jalan setapak yang menanjak masuk hutan pinus. Terus jalan sampai menemukan lahan datar penuh rmput. Dari lahan datar itu kemudian belok kiri langsung menuju Gunung Putri.