Cara Mudah Mengganti Busi Mobil di Rumah

Busi merupakan salah satu kompone penting kendaraan untuk memantik api di dalam ruang pembakaran. Api yang dipantik busi ini membakar bensin dan udara hingga kemudian menggerakkan mesin mobil.

Karena begitu pentingnya busi, maka komponen ini bisa dibilang jantungnya sebuah kendaraan, baik mobil maupun motor. Maka, ketika busi rusak atau hanya sedikit memantik api, maka mobil bisa mogok. Atau kalaupun maju, lajunya akan tersendat.

Nah, jika busi ini rusak, maka harus segera diganti. Jangan sampai busi ini membawa masalah ketika Anda bepergian dengan mobil.

Anda bisa mengganti busi di bengkel dan biasanya mereka menyediakan komponen itu untuk dibeli. Tapi Anda juga bisa menggantinya di rumah jika ingin menghemat biaya.

Jika ingin mengganti busi di rumah, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan. Tips ini dilansir dari Suzuki Indonesia via Liputan6.com.

Tempat busi

Untuk mengetahui tempat busi sebenarnya tidak sulit. Komponen ini memiliki rumah yang sangat besar dan berada di lapisan paling atas mesin. Jadi ketika membuka kap mobil, Anda bisa langsung melihat busi beserta kabelnya.

Ada dua jenis busi yang dipakai mobil, yakni yang kecil dan besar. Jadi sebelum Anda membeli busi, periksa terlebih dahulu jenis yang dipakai. Biasanya penjual suku cadang juga sering menanyakan ukuran busi ketika kita hendak membelinya.

Siapkan peralatan

Untuk mencopot busi dari rumahnya, Anda harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Salah satunya yang penting adalah kunci pas sesuai standar bawaan mobil.

Ada tiga jenis kunci busi, yakni model ratchet, model T dan pipa umum. Alat itu biasanya sudah tersedia satu paket dalam toolkit bawaan mobil.

Cara melepas busi

Setelah peralatan tersedia, langkah selanjutnya adalah melepas busi dari rumahnya. Untuk melepas busi, hal yang harus diperhatikan adalah posisi kabel busi. Jangan sampai nanti kabel busi dipasang dengan posisi yang salah karena bisa berakibat fatal.

Bagi Anda yang baru melepas busi, alangkah baiknya mengingat posisi kabel-kabel busi. Kalau Anda mudah lupa, Anda bisa menandai posisi kabel busi dengan menggunakan spidol.
Misalnya, kabel 1 diberi tanda A di busi dan rumahnya. Kabel 2 dengan B dan seterusnya. Jadi nanti ketika kabel busi akan dipasang, tinggal dicocokkan huruf-huruf penanda tadi.

Setelah itu, Anda langsung membuka busi dengan kunci pas. Setelah busi terbuka, periksa komponen itu. Jika sudah rusak tinggal diganti dengan yang baru.

Demikianlah cara mudah mengganti busi mobil di rumah. Silakan Anda coba sendiri di rumah. Namun sebelumnya harus diingat bahwa mengganti busi harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

You May Also Like

About the Author: jalurtujuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *