Mengenal 6 Level Teknologi Swakemudi pada Kendaraan

teknologi swakemudi

Sejumlah peneliti memperkirakan kendaraan dengan tekonologi swakemudi atau autonomus driving bakal hadir pada 2025 dengan jumlah sekitar 8 juta unit.

Saat ini, wacana tentang kendaraan swakemudi mulai bermunculan di pasar otomotif dunia.

Dilansir dari Synopsy.com via GridOto.om, ada enam tingkatan teknologi swakemudi yang ada di dunia. Level tersebut dimulai dari 0 sampai 5. Berikut tingkatannya.

1. Level 0

Kendaraan yang dikemudikan secara manual masuk ke level 0. Kendaraan dengan level 0 ini sebenarnya kendaraan biasa yang kita lihat berseliweran di jalanan.

Kendaraan model ini memang tidak memiliki teknologi swakemudi. Namun terdapat fitur pengereman darurat yang akan aktif untuk merespons setiap kejadian di jalanan.

Kendati memiliki pengereman darurat, namun mobil tersebut belum termasuk kendaraan swakemudi.

2. Level 1

Tingkat swakemudinya baru pada tahap sistem perseneleng otomatis. Kendaraan model ini contohnya adalah mobil matik. Pengemudi tidak perlu memikirkan kopling dan pedal gas, hanya mengendalikan stir dan pengereman. Kecuali di jalan tanjakan, maka pedal gas diperlukan.

3. Level 2

Contoh kendaraan level 2 ini adalah mobil dengan sistem Autopliot produksi Tesla dan Super Cruies milik Cadillac. Kedua mobil ini memiliki fitur yang mirip dengan swakemudi.

Mobil in dapat mengontrol sendiri kemudi, akselerasi dan pengeraman. Namun demikian, mobil ini masih memerlukan peran manusia untuk memantau laju kendaraan dan jalan di sekitarnya.

4. Level 3

Mobil padalevel 3 swakemudi ini adalah kendaraan yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi lingkungan sekitar, mempercepat dan memperlambat laju berdasarkan informasi yang diterima.

Kendati demikian, peran pengemudi manusia masih dibutuhkan untuk mengambil kendali kendaraan ketika sistem swakemudi mengalami masalah.

Contoh kenaraan level 3 swakemudi adalah Audi A8L yang memiliki fitur sistem traffic jam pilot.

5. Level 4

Kendaraan swakemudi level 4 terdapat pada taksi produk perusahaan Perancis, NAVYA, yang berseliweran di jalanan Amerika Serikat. Mobil ini bisa melaju secara otomatis dengan kecepatan maksimal hingga 88 km/jam.

Model level 4 ini juga diterapkan pada taksi tanpa sopir di Waymo, Arizona, Amerika Serikat. Lalu teknologi MAX4 produk perusahaan otomotif asal Kanada, Magna yang berkolaborasi dengan Lyft.

Volvo juga sedang mengembangkan tekonologi ini bekerja sama dengan Baidu. Mobilnya bernama robotaxi dan menyasar pasar China.

Fitur level 4 ini membuat mobil berjalan otomatis. Intervensi pengemudi manusia diperlukan jika sistem otomatis mengalami masalah. Namun demikian, mobil ini juga menyediakan opsi manual.

6. Level 5

Mobil pada level 5 swakemudi ini benar-benar mobil otomatis dan bergerak sendiri tanpa intervensi pengemudi manusia. Kendaraan ini tidak lagi memerlukan kemudin, pedal akselerasi dan pengereman. Namun mobil model ini belum ada di dunia ini, baru ada di film-film futuristik.

Demikian enam level swakemudi pada kendaraan. Saat ini mobil dengan tekonologi canggih tersebut baru berada pada level 4. Para industri otomotif memang sudah mewacanakan untuk mengembangkan kendaraan yang benar-benar menerapkan swakemudi. Kemungkinan puluhan tahun yang akan datang.

You May Also Like

About the Author: jalurtujuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *