Jalani Rapid Test Corona, Pedagang Pasar Pancasila Senang

  • Whatsapp
Ilustrasi rapid test (credit: mohammed hassan/pixabay)

TASIKMALAYA, JALURTUJUH.com – Sebanyak 100 pedagang Pasar Pancasila dan warga sekitarnya di Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya menjalani pemeriksaan cepat atau rapid test massal, Rabu (10/6/2020). Pemeriksaan tersebut terkait dengan wabah Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia.

Rapid test tersebut digelar oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan rapid test tersebut mendapat sambutan gembira dari pedagang dan warga. Hadi (68), misalnya. Warga Pasar Pancasila itu mengaku senang menjalani rapid test karena merupakan bentuk pencegahan virus corona.

“Alhamdulillah ada rapid test massal. Kami senang dan antusias menyambut baik, karena selama ini memang waswas walaupun belum ada warga kita yang positif,” ujar Hadi, dilansir SindoNews.com, Rabu.

Ketua RW 09, Pasar Pancasila, Darsono (60) juga menyambut antusias rapid test tersebut. Apalagi, tes ini digelar secara gratis.

Ia pun berharap jumlah warga yang mengikuti rapid test diperbanyak, bukan hanya 100 orang.

“Mudah-mudahan ke depan ada rapid test lagi, karena warga dan pedagang ada 395 orang,” katanya.

Darsono menambahkan, saat ini tidak ada pedagang ataupun warganya yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) maupun positif Covid-19. Pihaknya terus menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus yang saat ini belum ada obatnya itu.’

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat menjelaskan, pihaknya akan menggelar rapid test secara berkala. Pelaksanaanya akan mengikuti arahan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona.

Menurut Uus, Kota Tasikmalaya akan memasuki fase new normal. Ia pun yakin virus corona di Kota Tasikmalaya sudah terkendali.

Sementara itu, hingga Rabu (10/6/2020), jumlah pasien yang terkonfirmasi positif corona di Kabupaten Tasikmalaya selama dua bulan terakhir mencapai 6 orang. Sebanyak 5 di antaranya dinyatakan sembuh dan bisa pulang setelah mendapatkan perawatan intensif di RS SMC Singaparna.

Sedangkan sisanya, 1 orang masih menjalani perawatan.

Di sisi lain, secara nasional, jumlah orang yang terkonfirmasi positif corona naik 1.241 kasus menjadi 34.316 kasus. Sementara yang dirawat juga naik menjadi 20.228 dan meninggal meningkat menjadi 1.959. Begitu pula pasien sembuh Covid-19 juga naik 35,3 persen atau menjadi 12.129 orang.

Sumber: SindoNews

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *