Lima Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

TikTok menjadi aplikasi media sosial yang paling populer di dunia. Banyak orang menggandrungi aplikasi ini, dari tua hingga muda. Mereka memafaatkan aplikasi ini untuk sekadar iseng, hiburan atau bahkan mengekspresikan diri melalui video singkat. Kebanyakan video yang diunggah di TikTok disertai musik yang merupakan ciri khas aplikasi asal Tiongkok itu.

TikTok juga menjadi platform media sosial yang mengalami pertumbuha pesat di dunia. Aplikasi ini merupakan cara alternatif untuk berbagai hal secara online. TikTok memungkinkan penggunanya menciptakan video-video pendek dengan musik, filtering hingga beberapa fitur lainnya.

Namun sebenarnya, TikTok bukan sekadar aplikasi untuk iseng dan hiburan, tetapi lebih dari itu, ada manfaat yang bisa diambil. Salah satunya adalah alat untuk mendulang uang. Bagaimana caranya?

Apa itu TikTok

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang cara menghasilkan uang dari TikTok, ada baiknya kami jelaskan apa itu TikTok. Aplikasi ini diciptakan oleh seorang developer asal China, Zhang Yiming, yang juga pendiri Toutiao.

TikTok pertama kali diluncurkan pada September 2016 oleh Douyin di China. Lalu pada 2017 kemudian, aplikasi ini diluncurkan oleh ByteDance untuk menyasar pasar-pasar di luar China. TokTok dan DouYin menggunakan perangkat lunak yang sama untuk aplikasi ini. Namun jaringannya terpisah demi menyiasati pembatasan sensor oleh Pemerintah China.

Zhang menciptakan TikTok untuk mengakomodasi orang-orang yang suka membuat video musik pendek. Aplikasi ini termasuk media sosial dengan konten video musik singkat dan lainnya. TikTok tersedia di iOS dan Android.

Aplikasi ini hampir mirip dengan Muscal.ly terkait fungsi dan fiturnya. Dengan alasan kemiripan itulah, perusahaan induk TikTok, ByteDance membeli Musical.ly.

Hasil dari merger ini, TikTok bisa masuk ke Amerika Serikat dengan mulus dan menyasar pasar-pasar remaja yang sebelumnya dikuasai Musical.ly.

Jumlah pengguna TikTok

Kini pengguna aktif TikTok di dunia sudah mencapai 800 juta orang. Sementara pengguna akti di China sebanyak 150 juta. Aplikasi ini juga sangat digemari warga negara-negara Asia seperti Kamboja, Jepang, Malaysia, Thailand dan termasuk Indonesia.

Seperti dijelaskan sebelumnya, TikTok mengalami pertumbuhan pesat di dunia. Sebagai perbandingan saja, untuk mendapatkan jumlah pengguna 800 juta orang, Instragam harus menunggu selama enam tahun. Sementara TikTok untuk mencapai jumlah yang sama, hanya memerlukan waktu di bawah tiga tahun. Sementara Facebook membutuhkan waktu sekitar empat tahun.

Diunduh 1,5 triliun kali

TikTok sejauh ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. Data 2019 menunjukkan aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1,5 triliun dari App Store dan Android. Satu trilun diunduh hingga Februari 2019 dan enam kemudian meningkat 500 miliar.

Data statistik terbaru menunjukkan TikTok sudah diunduh 614 miliar kali dari Januari hingga Novmber 2019. Terjadi peningkatan sebesar 6 persen dari total jumlah unduhan dari tahun 2018.

Jika melihat data tadi, maka ini berarti bahwa aplikasi tersebut kemungkinan masuk jajaran aplikasi non-gaming paling populer di bawah WhatsApp dan Facebook yang masing-masing diunduh 704,4 miliE Sn 636,2 miliar kali.

Yang cukup mengesankan adalah bahwa TikTok adalah satu-satunya aplikasi paling populer yang tidak dimiliki Facebook. Seperti diketahui, rata-rata aplikasi milik Facebook selalu merajai dunia internet.

Fitur-fitur TikTok

TikTok memiliki sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

1. Musik

Musik menjadi fitur utama dalam aplikasi TikTok. Fitur musik ini mendukung pengguna untuk membuat konten video. Ada sejumlah kategori musik yang bisa digunakan, antara lain Valentine, Dangdut, Back to 90s dan lain sebagainya. Setiap kategori memiliki banyak judul.

Pengguna bisa memilih jenis musik yang relevan dengan konten video. Misalnya, jika ini membuat video lucu, maka bisa menggunakan jenis musik yang relevan dari beberapa kategori itu.

2. Fungsi pengubah suara

Fitur ini disebut pula Voice Changer Function. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah suara yang direkam menjadi berbagai efek suara berbeda. Misalnya, ada efek suara tupai, pria, vibra, elektronik, mic, echo, raksasa dan elf. Fitur ini menjadikan konten video lebih seru.

3. Stciker dan Effect

Kalau kita lihat ada beberapa konten TikTok yang berisi sticker dan effect. Misalnya, sticker atau effect lucu yang dipakai untuk membuat video komedi.

Fitur ini untuk menciptakan konten video lebih kreatif dan bervariasi. Pengguna bisa mengubah wajahnya menjadi lebih lucu dengan effect itu.

4. Filter

Fitur filter berfungsi memperindah tampilan fisik dalam konten video TikTok. Banyak filter yang tersedia dengan beragam kategori.

Misalnya, jika ingin membuat konten dengan latar belakang pemandangan indah, maka dengan filter bisa menyesuaikannya.

5. Beautify

TikTok juga memiliki fitur untuk mempercantik wajah. Fitur ini disebut beautify. Dengan fitur ini, wajah pengguna bisa dipoles menjadi tampak lebih cantik atau ganteng.

Lima cara menghasilkan uang dari TikTok

1. Saling memberi koin

Cara pertama untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dari koin. Mirip aplikasi Twitch, pengguna bisa mendapatkan uang dengan live streaming. Caranya adalah setiap kamu melakukan live streming dan menarik serta ditonton banyak orang, maka penonton akan memberikan gift seperti animasi kodok, bunga, gitar, boneka dan lainnya. Gift tersebut dibeli dengan koin TikTok. Lalu koin itu dibeli dengan uang asli.

Lalu gift yang diberikan penonton atau pengguna lain bisa ditukar dengan uang asli. Seperti Google Adsense, minimal uang yang bisa dicairkan (payout) adalah 100 dolar AS.

2. Endorse produk

Dari TikTok pengguna bisa menjadi seorang influencer. Buatlah konten menarik yang bisa mendatangkan view dan pengikut. Semakin kontenmu banyak ditonton dan pengikutmu bertambah, maka kamu bisa mendapat tawaran endorse dari perusahaan.

Konsep ini memang buka ide baru. Di aplikasi lain seperti Instagram, pengguna juga bisa memanfaatkan ide ini.

Selain itu, pengguna juga bisa menjadi agen perantara influencer dengan perusahaan yang hendak mempromosikan produknya. Kamu bisa menghubungkan kedua belah pihak itu dan bisa membebankan biaya layanan jasa ini.

3. Iklan produk

Kalau pengguna memiliki produk yang akan dijual, maka TikTok bisa menjadi media untuk promosi. Ya, ini mirip dengan media sosial lainnya.

Pengguna menetapkan budget untuk iklan, lalu membuat target serta sasaran produkmu. Dengan beriklan di TikTok peluang meningkatkan penjualan produk akan tinggi mengingat pengguna aplikasi ini terbanyak ketiga setelah WhatsApp dan Facebook.

4. Menjual akun

Cara terakhir adalah menjual akun TikTok. Carilah pengikut sebanyak-banyaknya dengan membuat konten kreatif dan menarik. Setelah pengikutmu banyak, maka akun itu bisa dijual ke perusahaan yang hendak melakukan promosi.

5. Konsultan

Pengguna juga bisa menjadi konsultan di TikTok dan menawarkan layanan jasa kepada pencipta konten. Jasa yang bisa dijual ada tips dan trik mendapatkan banyak penonton dan pengikut.

Pengguna bisa membantu orang-orang yang ingin video mereka bisa dilihat ratusan ribu atau bahkan jutaan penonton.

Sumber 1; Sumber 2; Sumber 3

You May Also Like

About the Author: redaksi

11 Comments

  1. wah, banyak juga yang udah ngunduh. Sebab keunikan dan lucu-lucuannya ini yang membuat tik tok digemari. Tapi, apakah tik tok akan terus bertahan? Sebab teknologi datang dan pergi saja. Selalu ada yang baru. Terima kasih artikelnya.

  2. Yup..yang kreatif dengan suara, gambar dan animasi . . Tiktok bisa.menjadi ladang penghasilan tersendiri… tapi saya masih belum juga punya keberanian untuk mencoba…

  3. Anak saya minta izin bikin tik-tok tp saya bilang nanti dulu (soalnya emaknya pingin tau banget gimana sih Tik-Tok ini) efek dr viralnya Bowo dulu jd agak ragu bikin akun Tiktok. Baca ini jadi ada informasi mengenai Tik-tok ya. Tfs

  4. Menarik sih hanya saja saya belum siap populer dan mendapatkan keuntungan dari tiktok karena kebanyakan dari mereka hanya sensasi. Tetapi, ada juga yang cukup menghibur dan semoga menginspirasi untuk hal yang lebih positif.

  5. Wah tik tok bisa ngasih duit juga ya. Aplikasi ter hits abad ini. Pa lagi penggunanya byk dr kalangan anak muda. Tp, saya belum punya akunnya.

  6. Eh ya ampunnn aku beneran baru tahu loh kalo diunduh1. 5triliun kali. Secara aku bukan pengguna tiktok. Jadi kepo pengin tahu dalamnya kayak apa inii. Thanks for sharing kak

  7. Tiktok ini sedang naik daun sekarang ya. Promosinya gila-gilaan. Bukan tidak mungkin akan sepopuler Instagram ke depannya. Sayangnya sampai hari ini saya masih belum bikin akun Tiktok. Hihihi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *