15 Misteri Gunung Lawu, Menyeramkan!

  • Whatsapp

Misteri Gunung Lawu sangat menarik untuk dibicarakan. Sebab, gunung yang menjadi salah satu dari 7 puncak tertinggi di Pulau Jawa ini dianggap sebagai gunung paling angker se-Indonesia. Bagaimana tidak? Saking angkernya, gunung ini sampai tidak bisa terlacak oleh satelit Google. Ada apa gerangan? Tentu saja ada misteri yang mesti kita perbincangkan.

Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur, tepatnya membentang dari Kabupaten Karang Anyar hingga Magetan. Gunung ini biasanya didaki dari 2 jalur, yaitu: Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Kedua pintu masuk jalur ini hanya terpisah jarak 200 meter doang. Ini tentu saja sesuatu yang amat menarik. Jalur Cemoro Kandang dianggap lebih angker, bahkan baru masuk pintunya saja sudah terasa hawa gaibnya.

Sebagaimana gunung lain di Pulau Jawa, Lawu juga disakralkan. Banyak tokoh di negeri ini sering menapak tilas dan bersemedi di gunung ini. Seperti Pak Soeharto dan Pak Soekarno. Bahkan Pak Harto juga makamnya di sekitaran kaki gunung Lawu karena memang begitulah wasiatnya dulu sebelum meninggal, beliau mau dikubur di gunung favoritnya.

15 Misteri Gunung Lawu

Kira-kira seperti apa sajakah misteri Gunung Lawu? Silahkan simak pemaparannya di bawah ini:

1. Gunung Lawu adalah Gunung Purba yang Dulunya Berupa Lautan

Gunung Lawu menjadi salah satu gunung purba di Indonesia. Sebelum terbentuk menjadi seperti sekarang, dipercaya lawu adalah lautan. Semacam gunung laut yang akhirnya menyembul tinggi karena lautnya hilang. Buktinya di Lawu banyak sekali ditemukan batu karang dan fosil binatang laut. Yang mana ini tidak lazim ditemukan pada gunung manapun di Indonesia. Seram sekali, ya? Dari lautan menjadi gunung. Sungguh susah dibayangkan.

2. Misteri Cahaya Biru Gunung Lawu yang Tertangkap Satelit NASA

Ilmuwan NASA sempat heran dengan tertangkapnya berkas cahaya biru yang sumbernya dari lokasi absurd tak terlacak. Karena lokasi tempat di mana cahaya ini tidak bisa dilakukan penginderaan jauhnya, maka NASA sampai menerjunkan langsung ilmuwannya. Dan ternyata lokasinya berada di Gunung Lawu. Hanya saja para ilmuwan ini masih bingung, dari manakah cahaya itu memancar. Dan cahaya apakah itu? Lama penelitian dilakukan oleh mereka, namun hasilnya nihil. Mereka justru hanya mendengar mitos rakyat bahwa di Lawu memang sering muncul cahaya yang membumbung ke langit. Itu semacam cahaya menuju alam gaib.

3. Misteri Hilangnya Sebuah Desa di Gunung Lawu Karena Cahaya Oktagon

Ini masih berhubungan dengan cahaya biru yang memancar dari Gunung Lawu. Konon, siapapun yang mendekati atau tertimpa cahaya ini maka bakal hilang tersedot ke alam gaib. Di masa lalu, ada sebuah desa yang tertimpa cahaya biru. Seisi kampung hilang tak berbekas. Sama sekali tidak ada penjelasan kemana hilangnya desa ini. Wah, ngeri banget, ya? Oh iya, cahaya ini konon bentuknya oktagon, alias segi delapan.

4. Candi Sukuh dan Candi Cetho, 2 Buah Candi Misterius yang Mirip dengan Bangunan Suku Maya

Bicarakan jejak arkeologi yang misterius, maka pikiran langsung mengarah pada 2 buah candi yang lokasinya memang ada di lereng Lawu. Merekalah Candi Sukuh dan Cetho. Bentuknya aneh, benar-benar mirip dengan bangunan candi-candi di suku maya. Pertanyaannya, leluhur kita yang berkiblat pada mereka? Atau suku maya yang berguru pada leluhur nusantara yang dulu bermukim di Lawu?

5. Misteri Gunung Lawu sebagai Tempat Moksha Prabu Brawijaya V, Raja Majapahit yang Terakhir

Spiritualisme Jawa (kejawen) memang percaya pada fenomena Moksha, yaitu: matinya nyawa seseorang dan bergeraknya ruh menuju alam abadi yang membahagiakan, swarga. Yang kerap disebut-sebut mampu mencapai moksha sempurna tentu saja para raja. Seperti Raja Majapahit yang terakhir, Prabu Brawijaya V dianggap mokshanya di Gunung Lawu. Kamu percaya?

6. Mitos Burung Jalak di Gunung Lawu, Burung Gaib yang Menjadi Penyelamat Nyawa Para Pendaki

Di gunung Lawu terdapat sosok penyelamat berwujud burung. Ia seakan menjadi tentara burung yang mengamankan wilayah Gunung Lawu. Burung Jalak ini berukuran besar. Biasanya muncul saat Lawu dalam kondisi buruk cuacanya. Dia akan memandu para pendaki yang tersesat agar tidak semakin tersesat dan terperosok ke alam gaib Lawu. Burung Jalak Lawu ini juga suka memperingatkan manusia agar tidak nekad muncak Lawu bila sedang badai kabut hitam. Badai yang khas di sana, mengerikan, sampai keluar petirnya.

7. Pasar Setan Gunung Lawu Amat Mengerikan

Tiap gunung nampaknya memang memiliki pasar setan. Sebagaimana Lawu, di sana juga ada pasar setannya. Para pendaki seringkali diteror. Hantu-hantu di sana seringkali menjelma dan menanyai pendaki, “bade tumbas nopo, mas?” yang artinya adalah “mau beli apa, mas?” Waduuuh… seram banget sih!

8. Hantu Raksasa Menjejakkan Kaki di Dekat Makam Pak Harto di Kaki Gunung Lawu

Seperti yang sudah diceritakan di atas. Pak Harto, presiden kedua Republik Indonesia itu dimakamkan di kaki Gunung Lawu. Anehnya, di dekatnya muncul jejak kaki raksasa hampir 2 meter. Entah jejak apa itu? Beberapa orang percaya itu jejak hantu raksasa semacam Buto Ijo. Yang lainnya anggap itu jejak si Bima alias Werkudara. Menurutmu jejak apa?

Sungguh mengerikan sekali Gunung Lawu ini. Apalagi masih ada lagi beberapa mitosnya yang tentu membuat anda semakin bergidik ngeri.

11. Misteri Gunung Lawu sebagai Lokasi Rapat Bagi Penguasa Gaib Sepulau Jawa

12. Ada Hubungan Antara Gunung Lawu dengan Nyai Roro Kidul, Pendaki Dilarang Pakai Baju Hijau

13. Gunung Lawu Itu Hidup Sebagaimana Makhluk.

Gunung Lawu bisa tahu mana langkah kaki manusia jahat, mana yang baik. Hati-hatilah saat mendaki!

14. Gunung Lawu Sebagai Portal Dimensi

15. Mitos Gunung Lawu dan Penampakkan UFO

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *