10 Mitos Hantu di Indonesia dan Asal-usulnya

  • Whatsapp

Mitos hantu dan asal usulnya di Indonesia akan terus abadi selama manusia masih hidup. Hantu dan segala bentuk cerita di dalamnya bahkan menjadi kisah budaya masyarkat Indonesia.

Banyak di antara mereka percaya terhadap mitos tersebut. Sebagian di antaranya bahkan diangkat dalam film layar lebar.

Beberapa mitos hantu yang populer di Indonesia adalah pocong, sundel bolong, tuyul dan kuntilanak.

Selain diangkat di film layar lebar, sosok makhluk gaib itu kerap menjadi topik konten sejumlah YouTuber. Melalui aksi relity show, mereka memburu hantu di tempat-tempat yang disinyalir angker.

Sejumlah program televisi juga ada yang mengangkat sosok gaib itu. Bahkan, sampai ada siaran langsung atau live. Seperti program yang pernah populer seperti uji nyali Uka-uka yang menjadi bahasa sehari-hari ketika menyandangkan sesuatu pada hal yang gaib atau tak terlihat.

Berikut 10 mitos hantu beserta asal usulnya yang dikutip dari IDNTimes.

1. Pocong

Hantu pocong dengan balutan khasnya menjadi populer di dalam kisah mitos di Indonesia. Beberapa film horor sering mengangkat tema pocong itu. Pocong merupakan sesosok hantu dengan pakaian mirip mayat yang akan dikuburkan.

Orang-orang percaya bahwa asal-usul pocong itu adalah mayat manusia yang hendak dikubu tetapi pengubur lupa membuka tali pocongnya. Akibatnya, mayat terebut protes dan menghantui orang-orang di sekitar kuburannya.

2. Sundel bolong

Kisah Sundel Bolong kerap dijadikan tema film horor. Aktris legendaris yang biasa memerankan sosok hantu itu adalah Suzzana. Bagi Anda yang masuk generasi 90-an mungkin mengenal aktris yang satu ini. Ia termasuk spesialis film horor Sundel bolong.

Kisah asal-usul Sundel bolong itu sebenarnya dari Malaysia. Namun menjadi terkenal di Indonesia.

Disebutkan, Sundel Bolong berawal dari wanita hamil yang meninggal secara tak wajar. Ada yang menyebutkan bahwa ia mati karena diperkosa oleh pria yang tak bertanggung jawab.

Akhirnya wanita itu menjadi hantu dan bergentayangan. Sementara bayinya menjadi tuyul.

Ada kisah lain yang menyebutkan bahwa Sundel Bolong adalah wanita hamil yang mati setelah melahirkan dari punggung akibat santet dari seorang dukun. Kemudian wanita itu melakukan balas dendam kepada sang dukun itu dan kemudian menghantui orang-orang di sekitarnya.

3. Tuyul

Tuyul digambarkan sebagai sosok hantu anak kecil yang dipercaya kerap diperalat manusia untuk mencuri uang. Ia memilik ciri khas kepala botak dan tubuhnya kecil layaknya anak.

Beberapa mitos menyebutkan bahwa tuyul adalah anak Sundel Bolong yang ikut mati ketika dilahirkan. Sebagian meyakini ia merupakan sosok anak yang mati tak wajar.

Film ini sering diangkat di layar lebar bersamaan dengan kisah Sundel Bolong. Ada pula yang mengangkat menjadi sitkom komedi seperti Tuyul dan Mbak Yul.

4. Kuntilanak

Kisah asal usul kuntilanak sebenarnya hampir mirip dengan Sundel Bolong. Ia juga berasal dari seorang wanita hamil yang mati karena melahirkan dari punggung. Ia kemudian bergentayangan untuk mencari anaknya.

Ada mitos yang menyebutkan bahwa untuk melawan kuntilanak itu adalah dengan paku yang ditancapkan di kepalanya. Setelah paku itu menancap, maka kuntilanak itu kembali menjadi manusia. Tapi itu hanya mitos belaka dan sampai saat ini tak terbukti kebenarannya.

5. Genderuwo

Genderwo atau juga biasa disebut buto ijo merupakan mitos hantu yang diyakini kerap meninggali bangunan tua, pohon besar, tempat lembab dan hutan.

Ia awalnya adalah seorang pria yang mati secara tak wajar, lalu rohnya bergentayangan. Hantu ini berwajah seram. Tubuhnya besar, berbulu dan memiliki taring.

Genderuwo ini kabarnya sering berubah wujud menjadi laki-laki biasa dan menghamili perempuan.

6. Kuyang

Kuyang adalah mitos hantu yang berasal dari Kalimantan Timur. Hantu ini digambarkan sebagai sosok perempuan berambut panjang tanpa badan dan hanya memiliki kepala dan organ dalam.

Hantu itu bergentayangan mencari mangsa, khususnya perempuan hamil dan bayi. Ia haus darah sebagaimana mitos hantu vampire.

Konon, Kuyang dulunya adalah manusia yang sedang menguasai ilmu hitam. Ia harus melepaskan diri dari sosok manusia pada malam demi menguasai ilmu tersebut. Ia mencari darah untuk meningkatkan ilmu hitamnya.

7. Leak

Mitos hantu yang dipercayai oleh masyarakat Bali. Menurut kabar, Leak sebenarnya seorang manusia yang memiliki ilmu supranatural tinggi.

Ia beraksi pada malam hari untuk mengambil organ tubuh manusia demi ramuan sihirnya. Leak dipercaya sering berubah wujud menjadi sosok lain, mulai dar kera, harimau atau babi.

8. Wewe gombel

Anak-anak jangan keluar saat magrib nanti digondol Wewe gombel. Peringatan itu sering disampaikan orangtua pada anaknya yang masih kecil ketika magrib sudah tiba.

Ya, ada beberapa orang yang percaya tentang keberadaan Wewe gombel ini. ia adalah sosok nenek yang menyukai anak kecil sehingga makhluk ini sering menculiknya.

Menurut cerita rakyat, makhluk ini berawal dari seorang perempuan tua yang bunuh diri akibat dituding telah membunuh suaminya yang selingkuh.

9. Jenglot

Jenglot sampai saat ini diyakini merupakan sosok orang kecil dengan berwajah seram. Ada beberapa kabar orang sering menemukan Jenglot ini. Ciri-cirinya, fisik kecil dan rambut jarang tapi gondrong. Ada taring di mulutnya.

Sebagian orang menyebut bahwa jenglot berawal dari seorang petapa yang ingin mendapatkan hidup abadi. Ada jug yang mengatakan bahwa ia adalah peliharaan dukun untuk pesugihan.

10. Lampor

Hantu ini memang kurang familiar di telinga mayoritas masyarakat Indonesia. Lampor adalah keranda terbang yang kabarnya dikendalikan oleh pencabut nyawa.

Mitos ini beredar di kawasan Jawa Tengah. Hantu ini terbang mengeliling kampung dan akan membunuh siapa pun yang ditemuinya. Menurut kepercayaan, jika sesorang bertemu lampor maka ia akan mati, ataupun kalau selamat korban akan menjadi gila.

Demmikian 10 mitos hantu yang menjadi kepercayaan masyarkat Indonesia. Anda boleh percaya atau tidak, namun kisah-kisah itu selalu abadi dalam peradaban manusia, dari dahulu hingga sekarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *