Daftar Makanan yang Bagus dan Buruk bagi Penderita Gerd

Salah satu faktor penyebab kambuhnya asam lambung atau GERD adalah dari makanan. Beberapa penderita merasakan gejala mulas, sakit perut, perut begah, dada terasa tertekan, tenggorokan kering dan lainnya. 
Hal itu terjadi setelah mereka memakan makanan yang bisa memicu asam naik dari lambung ke kerongkongan yang merupakan gejala GERD.
Ada beberapa jenis makanan yang memang buruk bagi penderita GERD karena bisa memicu asam lambung. Namun ada pula jenis makanan yang bagus untuk lambung sehingga bisa menetralisir asam dan tidak naik ke kerongkongan.
Bagi penderita GERD memang harus pilih-pilih makanan. Jangan sampai karena gara-gara makanan, penyakit asam lambung kambuh sehingga mengganggu aktivitas sehar-hari.

Makanan yang buruk untuk penderita asam lambung

1. Makanan tinggi lemak

Makanan yang tinggi lemak antar alin susu olahan dan mengandung kadar lembak tinggi. Lalu daging merah seperti sapi, kambing dan domba. Selanjutnya, makanan yang digoreng termasuk gorengan. Lalu makanan penutup semacam kue, es krim, dan sejenisnya yang mengandung lemak tinggi.

2. Gorengan

Gorengan memang enak dimakan panas-panas ketika musim hujan atau dalam suasana dingin. Apalagi jika dimakan dengan cabai pedas. Enak.
Tapi stop! Makanan yang digoreng cepat memicu asam lambung. Bagi kamu yang masih sering merasakan gejala asam lambung, jangan dulu makan gorengan. Tapi yang asam lambungnya mulai baik dan tidak sering kambuh, ya sekali-kali bisa makan gprengan. Tapi jangan terlalu banyak. 
Usai makanan gorengan, minum air hangat kuku karena itu bisa mentralisir asam lambung. Minum air hangat kuku adalah tips sepsial dari saya dan sering dipakai.

3. Cokelat

Cokelat adalah makanan favorit, tertuama untuk kawula muda. Rasanya enak, manis dan hangat, membuat orang ketagihan.
Namun cokelat merupakan salah satu makanan pemicu asam lambung. Penjelasan ilmihanya begini. Cokelat itu jenis makanan yang cepat diproses oleh lambung, sehingga lambung akan cepat pula kosong. Ketika lambung bekerja dalam keadaan kosong, maka akan terjadi gesekan antar dinding lambung sehingga menimbulkan luka.
Selain itu, cokelat juga disebut makanan yang mengandung theobromine yang bisa meningkatkan asam lambung. Makanan ini juga memiliki kandungan methylxanthine yang bisa melemahkan otot pada katup kerongkongan. Ketika katup kerongkongan terubuka, maka asam lambung pun naik. Pernah kamu merasakan kerongkongan merasa terganjal? Nah itu karena asam lambung naik ke sana.

4. Kopi

Penderita asam lambung harus menghindari minum kopi atau makanan yang mengandung kafein. Tapi jika memang sangat terpaksa karena, misalnya “mati gaya” hehe, maka minumlah tanpa memakai gula.
Kopi bisa memicu asam lambung naik karena mengandung karena kandungan kafeinnya bisa melemahkan otot di katup kerongkongan. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, kamu akan merasa tersiksa.

5. Soda

Soda akan membuat perut kamu kembung karena kandungan karbonasinya memicu peningkatan asam lambung. Kamu yang menderita asam lambung, jangan coba-coba meminum minuman dan makanan yang mengandung soda. Ini peringatan keras.
Apalagi, minuman berkarbonasi jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama bisa merusak ginjal dan hati. Jadi sebaiknya kamu benar-benar harus menghindari makanan dan minuman bersoda.

6. Alkohol

Kamu penderita asam lambung sekaligus juga pembauk? Atau sering konsumsi makanan dan minuman beralkohol? Lebih baik hentikan.
Berdasarkan penelitian Jorunal of Zhejiang University Science B yang dikutip Hallosehat, alkohol bisa menyebabkan otot pada katup kerongkongan lemah. Ya, sama dengan kandungan dalam kopi dan soda.
Akibat asam lambung naik ke kerongkongan, dada mengalami panas dan terasa terbakar (hurtburn). Kemudian lama-lama kerongkongan akan mengalami iritasi. Jadi sebaiknya hindari juga minuman alkohol.
Bahkan selain memicu kenaikan asam lambung, alkohol juga bisa menyebabkan penyakit lain jika rutin dikonumsi dalam waktu lama, yakni merusak fungsi ginjal.

8. Makanan pedas dan asam

Penderita Gerd dan asam lambung juga tak boleh mengonsumsi makanan pedas dan asam. Sebab kedua jenis makanan itu akan memicu gas asam lambung naik ke kerongkongan.
Cabai yang menyebabkan makanan jadi pedas adalah mengandung capsaicin dan bisa memperlambat kerja sistem pencernaan. Kondisi itu bisa memperburuk penyakit asam lambung.
Memang makanan tidak pedas kurang mengundang selera. Tapi bagi penderita gerd untuk sementara jangan makan dulu, nanti menunggu gerd sudah mulai pulih. Sabar.
Lalu kalau ini itu dlarang, lantas penderita gerd atau asam lambung harus makan apa? Tenang masih banyak makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita gerd. Bahkan makanan ini disebut bisa memulihkan asam lambung.

Berikut makanan yang baik untuk asam lambung.

1. Jahe

Ya jahe bukan hanya menghangatkan tubuh, tetapi juga mampu mengurangi naiknya asam lambung. Sebab, jahe disebut mengandung zat antiradang sehingga bisa mengatasi masalah pencernaan. bahkan, jahe juga merupakan obat alamiah untuk memyembuhkan asam lambung atau gerd.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau bukan hanya mengadung zat besi baik bagi tubuh, tetapi juga diyakini bisa menurunkan asam lambung. Sayur mengandung serat yang bagus bagi sistem pencernaan.
Beberapa sayuran hijau yang bagus untuk sistem penceranaan seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis dan asparagus.

3. Oatmeal

Oatmel juga mengandung serat tinggi dan bisa mengatasi penyakit asam lambung. Serat dapat menyerap asam lambung sehingga tidak mencegah naik ke kerongkongan (refluks). 

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman obat alamiah yang diyakini bisa menyembuhkan asam lambung. Lidah buaya mengandung anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan luka di dinding lambung.
Selain itu, lidah buaya bisa menyegarkan perut sehingga bisa dikonsumsi oleh orang yang sehat sekalipun.

5. Daging tanpa lemak

Nah, sobat penyintas gerd, kamu juga bisa makan daging jika merasa sayuran membosankan. Tapi ingat, daging tanpa lemak ya. Daging ayam, misalnya, dimakan tanpa dengan kulitnya karena kulit mengandung lembak tinggi.
Lalu daging ikan dan makanan laut lainnya juga bisa dimakan tanpa kulit dan dimasak dengan cara dipanggang, direbus, dikukus dan dibakar.

6. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang enak dan bagus untuk pencernaan. Pisang mengandung pH sekitar 5,6 sangat bagus untuk sistem pencernaan.

7. Roti

Roti juga bagus untuk pencernaan tapi mesti yang berbahan gandung atau biji-bijian. Sebab, gandung kaya akan serat sehingga bagus untuk sistem pencernaan dan bisa mengatasi asam lambung.
Kesimpulannya bahwa penderita asam lambung harus selektif dalam memilih makanan. Jangan sampai salah makan membuat kondisi penyakit gerd atau asam lambung kian memburuk.

You May Also Like

About the Author: redaksi

14 Comments

  1. Memang kita perlu berhati-hati dalam memilih makanan sebab makanan yang enak belum tentu memiliki gizi yang bagus bahkan bila berlebihan akan menimbulkan gangguan kesehatan. Jadi usahakan untuk memilih makanan yang memiliki gizi seimbang supaya kesehatan tetap terjaga

  2. Beberapa hari lalu habis minum kopi rasanya ga enak banget dada. Sampe sesek gitu.. Duh makanan di atas kesukaanku semuaa. Tapi takut asam lambung ikut naik

  3. Kalau sudah tahu kondisi kita bagaimana, memang seharusnya pintar-pintar mencari tahu apa saja yang boleh dan nggak boleh dikonsumsi. Penyakit lambung tuh rata-rata penderitanya bandel. Saat sehat, semua makanan diterjang. Begitu sakit, merintih-rintih karena paling-paling makan bubur encer aja sama tempe bacem, hihihi …

    Memang sih, yang dilarang malah yang enak-enak, contohnya aja makanan pedas. Gimana coba rasanya makan tanpa rasa pedas, kan?

  4. Baru saja kemarin sahabat saya curhat kalo dia kena GERD dan lagi penyembuhan. Kata dokternya, stres juga bisa memicu GERD. Benar juga, sahabat saya ini cukup stres karena kerja dari rumah terus, apalagi dia juga merangkap istri. Banyak beban ganda di rumah.

  5. GERD ini pernah kucari-cari dengan serius pas hamil. Soalnya dada panas tiap hari, kata bidan saya maagh. Padahal gak ada riwayat. Akhirnya tiap subuh makan pisang biar lebih nyaman. Lapar dikit bisa panas dadanya gitu, setelah lahiran penyakitnya ilang haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *