Inilah 8 Rumah Makan Enak di Garut

  • Whatsapp

GARUT, JT.com:- Garut selain terkenal dengan tempat wisatanya juga wisata kulinernya banyak pilihan. Dari sejumlah rumah makan yang harus dikunjungi ketika Anda menginjakan kaki di Garut inilah 6 rumah makan enak di Garut.

1. Rumah Makan Asep Stroberri

Rumah Makan Asep Stroberi terkenal dengan nasi liwetnya. Rumah makan ini sangat terkenal karena selain menyajikan makanan khas Sunda juga menawarkan view alamnya memukau. Pengunjung diajak menikmati hidangan Sunda dan kesegaran buah stroberi sambil menikmati pemandagan pesawahan yang hijau.

Ada tiga pilihan lokasi restoran ini yakni di Jalan Raya Nagrek, selepas Kabupaten Bandung dari arah Jakarta. Dan saat Anda memasuki Kabupaten Garut yakni di  Jalan Raya Kadungora  Nomor 245, Garut serta Jalan Raya Cimaragas Nomor 95

Menu andalan Asep Stroberi adalah nasi liwet. Nasi yang pulen benar-benar diliwet dan dihidangkan dengan ketel, dicampur dengan daun pandan. Aromanya harum. Nasi dihias dengan petai, teri, dan sedikit cabe merah.

Lauk pauknya bisa dicoba juga  ikan  dibakar dengan bumbu kecap, serta ayam goreng renyah. Rasanya dijamin maknyos punya.Ada juga ayam serundeng, ayam dengan parutan kelapa berbumbu ini rasanya paling emangenak. Tak ketinggalan ada juga tempe dan tahu serta lalapan. Ya memang tak lengkap rasanya kalau ke Rumah Makan khas Sunda tak makan lalapan.

Karena tempatnya yang sangat strategis dan tempat parkirnya luas. jadi boleh jadi Rumah Makan Stowberi bisa menjadi salah satu rumah makan yang pas untuk Anda bila berkunjung ke Garut.

2. Rumah Makan Sari Cobek

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang likasinya di Kecamatan Leles Garut. Kalau dari Bandung hanya 20 Kilometer. Sebenarnya sih dekat Kadungora. Lokasinya berada di objek wisata Candi Cangkungan. Tepatnya di 3 Km dari Jalan Raya Bandung – Garut atau sejam  dari jalan tol Cileunyi).Arsitektur rumah makan ini agak beda, terbuat dari saung-saung. Pokoknya dijamin nyaman.

Cocok untuk rombongan karena daya tampung  sekitar 250 Orang. Jadi kalau ingin acara familly Gathering atau Company Outing  sebaiknya di sini.

Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup komplit. Menu utama yang diberikan di rumah makan ini  adalah menu makanan khas sunda, dengan penyajian yang menarik dan sempurna.

3. Rumah Makan Dapur Setia Kawan

Lokasinya berada di Jalan Raya Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kidul Garut. Jadi bila wisatawan berkunjung ke Cipanas tak cocok rasanya kalau tak singgah ke rumah makan ini. Menu Khasnya yakni , Ikan & Udang Bakar . Ada juga hidangan sunda seperti lalapan dan sambal. Rumahg makan ini memang cocok untuk keluarga saat berkunjung ke Garut.

4. Rumah Makan Racik Desa

Makanan dengan rasa yang enak dan lezat serta cukup terjangkau oleh semua kalangan. Dengan View yang indah menjadikan Rumah Makan Racik Desa menjadi tujuan wisata kuliner terpopuler di Garut.

5. Rumah Makan Saung Pananjung

Rumah Makan ini memang sudah tersebar. Maksudnya bukan hanya di Garut. RM Racik Desa ada di Bandung dan Jakarta. Menus khas masakan sunda. Tapi yang patut dicoba adalah daging dombanya. Rumah makan ini  memang digemari oleh  para wisatawan asing yang datang ke Garut, menu andalan Tongseng Domba, Domba Bakar, Domba Goreng Pun menarik untuk di coba.

6. Rumah Makan Soto Ahri

Yang bosan dengan masakan Sunda dan suka soto boleh coba Rumah Makan Soto Ahri di Jalan Mandalagiri Gang Harjo Garut . Rumah Makan Soto Ahri pun kini memiliki 2 Cabang yang berada di Bandung dan Tasikmalaya. Pokoknya dijamin puas. Rasa sotonya juga beda.

7.  Rumah Makan Jemanii

Meskipun harganya agak mahal Rumah Makan ini sangat digemari. Sebab masakannya sangat khas. Tempatnya juga asri. Memang Rumah Makan ini untuk kalangan menengah ke atas. Lokasinya berada di  Jalan Cipanas no 88 Garut. Pengunjung juga disuguhi kesenian sunda Sedangkan aneka makanan yang ditawarkan adalah
makanan khas sunda, seafood, steak dan aneka jajanan Garut. Rumah makan ini juga melayani , wedding resepsi, catering, birthday  dll. contact person public marketing 0877  2470  3332, 085 31409 2003 dan 0262 996 2556

8.   Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk  punya ciri khas. Sambalnya mantap super pedas.  Sepertidiketahui Cibiuk adalah  nama daerah di Garut yang memang terkenal dengan sambalnya yang pedas . Sambal Cibiuk  di masa lalu merupakan sajian istimewa untuk tamu penting. Namun saat ini, sambal cibiuk bisa dinikmati kapan pun dan di mana pun dan oleh siapapun.

Jenis sambal Cibiuk yang jadi pavorit adalah sambel hejo atau sambal hijau. Sambal hejo memang didominasi oleh  cabe rawit yang berwarna hijau, tomat yang masih berwarna hijau, dicampur dengan okpohan dan daun kemangi. Penambahan daun pokpohan dan daun kemangi ke dalam sambal tentu saja memberikan tambahan terhadap citarasa, tekstur dan aroma sambal.

Meski demikian, ada juga sambal merah yang dibuat dari bahan tomat dan cabai merah. Mengenai rasa, sensasi pedas dari sambal merah bisa dikatakan lebih pedas dari sambal hijau.
Selain sambalnya juga ada gurame bakar cobek, ayam bakar dan menu-menu sederhana lainnya seperti tempe tahu goreng.

Siapa pun tahu, bahwa menyantap masakan Sunda kurang lengkap rasanya jika tak dibarengi dengan lalapan. Lalapan seperti ini, biasanya akan bertambah nikmat saat dicocolkan ke sambal.

Begitu pun dengan menu atau lauk pauk yang umumnya disajikan kering. Menyocol sambal tentu akan membuat sensasi tersendiri baik peristiwa sebelum menyuap atau setelah menyuap. Umumnya, mereka yang menyantap makan dengan Sambal Cibiuk akan mengalami sensasi “Seuhah,” yang ditunjukkan dengan desisan di mulut sebagai tanda pedas. Uniknya, dengan sambal atau rasa pedas, selera makan seseorang biasanya akan bertambah, hingga makanan yang ada di piring habis tanpa sadar. (dar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *